TUTORIAL PHOTOSHOP I Cara Memberi Efek Relief Batu Pada Gambar


Assalamualaikum Wr. Wb
Hai Sobat ? Kali ini CaraPSD akan memberikan Tutorial tentang bagaimana cara memberi efek relief batu pada gambar.
Menurut Wikipedia Relief adalah seni pahat dan ukiran 3-dimensi yang biasanya dibuat di atas batu. Bentuk ukiran ini biasanya dijumpai pada bangunan candi, kuil, monumen dan tempat bersejarah kuno. Di Indonesia, relief pada dinding candi Borobudur merupakan salah satu contoh yang digunakan untuk menggambarkan kehidupan sang Buddha dan ajaran-ajarannya. Di Eropa, ukiran pada kuil kuno Parthenon juga masih bisa dilihat sampai sekarang sebagai peninggalan sejarah Yunani Kuno.
Tapi kali ini saya tidak akan memberikan tutorial tentang bagaimana memahat batu. Tetapi saya akan memberikan tutorial “ memahat” di photoshop. Dan yang saya buat kali ini hanya mirip saja, tetapi tak sama dengan apa yang ada di museum, atu candi borobudur.
 Dari pada berlama-lama kita langsung saja ke intinya :
Sebelum kita memulai kita harus menyiapkan bahan-bahanya terlebih dahulu:
1.       Gambar yang ingin anda beri efek relief, saya sarankan menggunakan gambar yang tidak memilihi latar belakang alias hanya objek. Sebagai latihan, kalian bisa menggunakan gambar yang saya gunakan. Kamu bisa download DISINI
2.       Gambar batu sebagai wadah yang diberi efek relief. Kamu bisa download gambarnya DISINI
Kita langsung saja ke langkah-langkahnya. .

Langkah 1
Pada langkah pertama ini, kamu harus membuka gambar yang ingin diberi efek relief dahulu, dengan cara klik file > open atau klik CTRL+O. Disini saya memakai gambar kepala iron man.



Langkah 2
Langkah ke dua ini kamu harus mengubah gambar menjadi relief dengan cara klik filter > sketch > Bas relief. Pada tab yang muncul,atur setelan  seperti gambar dibawah ini:



Kemudian klik OK. Dan hasilnya seperti dibawah ini:


Langkah 3
Buka gambar batu dengan cara yang sama seperti langkah 1. Kemudian drag atau tarik gambar iron man menuju dokumen yang berisi gambar batu tadi



Langkah 4
Pada langkah ini kamu akan membuat gambar iron man seakan-akan menjadi satu dengan gambar batu dengan cara mengubah blending mode menjadi multiply.




langkah 5
atur kecerahan gambar iron man dengan cara klik image > adjusment > brighteness/contrast. Kemudian atur setelan sesuai setelan saya dibawah ini:



kemudian hasil akhirnya akan seperti ini:





gimana mudah bukan?
Karena yang saya lakukan ini adalah trik photoshop belaka maka mungkin hanya sedikit mirip dengan relief yang asli. Mungkin Demikianlah cara bagaimana memberi efek relief batu pada gambar. Hasil karya kalian sama seperti yang ada di candi borobudur nggak ?hehe
Sekianlah artikel dari CaraPSD kali ini. Apabila ada kekurangan atau kesalahan pada penyampaian saya mohon maaf sebanyak-banyaknya karena saya hanya manusia biasa.
Terima kasih telas membaca tulisan saya ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb
Tag : PHOTOSHOP
0 Komentar untuk "TUTORIAL PHOTOSHOP I Cara Memberi Efek Relief Batu Pada Gambar"

Back To Top