Cara mengganti background ppt dengan mudah

Seiring banyaknya permintaan dari rekan-rekan. saya juga akan memposting tentang aplikasi dari Office ini yaitu Microsoft Power Point atau saya singkat saja PPT.
Pada kesempatan kali ini CaraPSD akan berbagi trik di Power Point tentang bagaimana cara mengubah background slide didalam power point.
Sebenernya banyak hal yang bisa kita lakukan di power point. Mulai dari hal yang sederhana yang bersifat mudah atau gampang sampai dengan hal yang bersifat kompleks alias sulit.
Nah sama dengan postingan saya tentang Photoshop maka untuk postingan awal tentang PPT inipun saya akan membahas tentang hal-hal yang mendasar terlebih dahulu tentang PPT ini. Karena semua orang apalagi newbie yang baru kenalan sama aplikasi office yang satu ini pasti kebingungan.
Nah berawal dari kebingungan itu pasti si newbie alias amatiran ini menanyakanya kepada mbah Google. Dan itulah yang memberangkatkan saya untuk membahas tentang hal yang mendasar terlebih dahulu sebelum kita menuju ke tool yang lebih rumit.

Sekilas tentang Ms. Office Power Point

menurut wikipedia Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.

Nah daripada kelamaan, kita langsung saja membahas tentang bagaimana cara mengubah background slide ppt.

Langkah 1 : membuka dokumen ppt

Untuk langkah pertama kamu harus membuka dokumen yang akan kamu ubah backgroundnya dengan cara klik file > open atau CTRL+O . Ataupun juga kamu bisa membuat sebuah dokumen baru dengan klik file > new atau CTRL+N.

Langkah 2: klik kanan pada slide

Untuk mengubah background kamu harus klik kanan pada slide kemudian pilih format background. Atau kamu juga bisa memilih menu design kemudian pilih format background.

Cara mengganti background ppt dengan mudah


Setelah kamu klik format background maka disebelah kanan slide kamu akan muncul sebuah tab seperti gambar dibawah.


Cara mengganti background ppt dengan mudah


Seperti yang terlihat diatas ada beberapa pilihan pada opsi fill. Nah opsi fill ini akan memberikan isi pada background slide kamu.

Dibawah ini saya akan menjelaskan masing-masing fungsi fill background tersebut.

1.Solid fill
Cara mengganti background ppt dengan mudah

Solid fill berfungsi untuk memberikan satu warna pada background. Misalkan saja memberi warna merah,jingga,kuning,hijau,biru,nila dan ungu juga sebangsanya.
Untuk mengubah warnanya sangat mudah yaitu dengan memilih menu color kemudian pilih salah satu warna.
Selain bisa mengatur warna kamu juga bisa mengatur transparasi pada menu transparency

2. Gradient fill

Cara mengganti background ppt dengan mudah

Gradient fill berfungsi memberikan campuran beberapa warna pada background. Kamu juga bisa mengatur tipe campuran tersebut seperti radial, radial, rectangular dan sebangsanya.
Selain itu kamu juga bisa mengatur beberapa opsi yang lain yang akan membuat tampilan background ppt kamu akan lebih bagus tentunya.


3. picture or texture fill
Cara mengganti background ppt dengan mudah

Tool ini yang paling sering digunakan orang untuk presentasinya. Karena kita bisa bebas memilih gambar pada komputer kita maupun gambar online yang sudah tersedia di sore office sendiri.
Tool ini berfungsi untuk membuat background terisi gambar. Dan dilama fungsi ini kamu bisa memilih gambar sendiri dari komputer kamu maupun gambar yang sudah disediakan oleh aplikasi ini sendiri.
Untuk memilih gambar di komputer kamu harus klik opsi file kemudian pilih gambar kamu. sedangkan untuk gambar yang sudah disediakan oleh aplikasi kalian bisa pilih di menu texture.

4. pattern fill
Cara mengganti background ppt dengan mudah

Dengan menggunakan fungsi ini maka background akan diisi dengan pattern yang sudah disediakan oleh aplikasi ppt sendiri.

Langkah 3: klik apply to all

jika kamu ingin menerapkan background ini kesemua slide kamu kamu tinggal pilih apply to all. Ini dimaksudkan supaya kamu tidak mengulangi langkah-langkah diatas.
tetapi jika kamu ingin berbeda background setiap slidenya maka ulangilah langkah satu sampai dua dengan latar yang berbeda
Begitulah kira-kira penjelasan tentang bagaimana mengubah slide background di power point. Apabila ada kekurangan dalam penulisan tulisan saya mohon maaf.
Jangan lupa subcribe CaraPSD dan komentar dikolom komentar dibawah ini.


0 Komentar untuk "Cara mengganti background ppt dengan mudah"

Back To Top